Minggu, 28 November 2010

Dasar - Dasar Pemrosesan Komputer

Dasar – Dasar Pemrosesan Komputer

 Arsitektur Komputer
Dalam bidang teknik komputer, arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras, dll). Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah arsitektur von Neumann, CISC, RISC, blue Gene, dll.
Arsitektur komputer juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya.
Arsitektur komputer ini paling tidak mengandung 3 sub-kategori:
• Set instruksi (ISA)
• Arsitektur mikro dari ISA, dan
• Sistem desain dari seluruh komponen dalam perangkat keras komputer ini.
 Peralatan Input
Peralatan input digunakan sebagai alat untuk memasukkan data atau informasi ke dalam komputer. Sistem kerja peralatan input ini disesuaikan dengan jenis alatnya, tapi dapat diidentifikasi oleh komputer. Peralatan input dapat dibedakan seperti berikut:
1. Keyboard
2. mouse
3. light pen
4. scanner
5. disk drive
6. joystik
7. Keyboard (papan ketik)

1. Keyboard
Keyboard adalah peralatan standar yang ada pada setiap komputer. Keyboard berupa papan yang berisi tombol tekan yang dapat menghasilkan karakter di layar sesuai dengan tombolnya. Setiap tombol mempunyai sepasang terminal yang bekerja terhubung atau tidak. Susunan sakelar ini berupa baris dan kolom sehingga disebut matriks. Pertemuan baris dan kolom ini akan menghasilkan sebuah tanda atau karakter. Karakter yang timbul adalah hasil transfer kode oleh prosesor dan rangkaian keyboard.
2. Mouse (tetikus)
Mouse adalah perangkat komputer yang dapat mengaktifkan pilihan secara leluasa di layar Windows. Mouse mempunyai sebuah bola yang dapat memutar sumbu roda yang mempengaruhi sensor cahaya. Sensor ini berpasangan dengan pemancar cahaya dan saat roda berputar pada sumbunya, maka cahaya dan sensor akan terhalang dan terhubung secara periodik. Akibatnya rangkaian yang dihubungkan dengan sensor ini akan menerima sinyal dan tidak, sesuai dengan cahaya yang masuk ke sensornya. Sensor mouse ini terdiri dari sensor untuk gerakan panah mouse arah vertikal dan arah horizontal. Untuk mouse jenis baru juga sudah dilengkapi dengan roda yang timbul di permukaan atas mouse (disebut wheel button) sehingga pemakai dapat menggulung lembaran dokumen/ layar dengan mudah dan cepat. Bahkan saat ini sudah beredar mouse dan keyboard yang tidak menggunakan kabel penghubung dengan CPU-nya melainkan dengan sinyal optis sehingga disebut sebagai optical mouse/ keyboard.
3. Light-pen (pena cahaya)
Light-pen adalah alat masukan komputer yang bekerja dengan cara mengambil informasi dari gambar atau dokumen melalui cahaya. Perbedaan terang dan gelap dari dokumen ditransfer ke dalam sinyal listrik dan dikonversikan agar dapat dipahami oleh komputer. Alat ini berbentuk sebuah pena dengan ujung berupa lensa. Informasi yang diambil terbatas sesuai dengan ukuran lensanya. Jika lensanya di tempat dekat dengan informasi yang akan diambil dan tombol operasinya ditekan, maka informasi ini akan ditampilkan di layar monitor. Informasi ini dapat disimpan dalam bentuk file sendiri atau digabung dengan file dokumen lainnya.

4. Scanner (pemindai)
Scanner adalah perangkat input yang dapat mengambil informasi berupa gambar dan teks dengan kualitas yang tinggi. Dilihat dari prinsip kerjanya, scanner merupakan pengembangan dari teknologi light-pen.
Scanner mengambil informasi atau gambar dengan cara menyapu/ memindai seluruh bagian gambar dari salah satu sisinya. Hasil sapuan (scan) ini diberikan ke komputer dan ditampilkan di layar monitor. Sebelum scanner dapat digunakan pada komputer harus dimasukkan program penggeraknya (driver) terlebih dahulu. Dengan adanya driver ini, scanner dapat dioperasikan dengan mudah.

5. Disk drive (penggerak cakram)
Disk drive adalah perangkat standar yang harus ada pada sebuah Personal Computer. Alat ini digunakan untuk memberikan data dari luar PC atau untuk menerima data dari PC. Disk drive ini ada bahan lentur (floppy) dan ada yang bahannya keras (hard disk).

6. Floppy disk drive (penggerak cakram lentur)
Floppy disk drive tersedia dalam berbagai ukuran dan kapasitas. Saat ini yang banyak digunakan adalah disk drive dengan ukuran 3,5 inci berkapasitas 1,44 Mega byte. Di samping itu juga telah tersedia disk drive dengan kapasitas mendekati kapasitas hard disk. Disk drive ini memang tidak bisa mengakses floppy disk biasa melainkan jenis disk yang lain, misalnya zip drive, jaz disk, compact disk (CD), digital video disk (DVD), dan lain-lain.

7. Hard disk drive (penggerak cakram padat)
Hard disk drive adalah sejenis perangkat penyimpan data yang selalu berada dalam kotak sebuah Personal Computer. Drive ini dikenal dengan nama non removable disk drive. Hard disk drive ini mempunyai piringan dengan permukaan yang sangat halus. Ada beberapa piringan dan setiap piringan terdapat dua kepala (head) baca/tulis. Head ini dipegang oleh lengan (arm) yang dapat bergerak dalam jarak tertentu dari pinggir piring (plate) menuju arah titik pusat lingkarannya.
Pengaturan bekerjanya piringan dan head ditentukan rangkaian pengatur hard disk dan transfer data dari dan ke hard disk. Hard disk ini mempunyai persyaratan dalam pemakaian dan penyimpanannya, antara lain :
- jauhkan dari medan magnet
- jangan ada benturan yang keras
- jangan disimpan di tempat yang panas
- jangan membuka tutup kotak hard disk di tempat terbuka.
Jika hal di atas diabaikan besar kemungkinan akan terjadi kerusakan fisik atau kehilangan data dari hard disk.

8. Joystik
Joystik merupakan peralatan tambahan yang diperuntukkan bagi pemakai dalam kreasi permainan. Joystik bekerja melalui fasilitas game port yang telah tersedia dalam rangkaian peripheral PC.
 Pemrosesan Pusat dan Penyimpanan Sekunder
Penyimpanan Primer
Biasanya disebut main memory, ukuran kapasitas penyimpanan primer, yaitu :

Penyimpanan Sekunder
• Pita Magnetik : Reel Tape dan Tape Cartridge
• Hard Disk : Removable dan Non removable
• Floppy Disk
• Piringan Optik : CD, DVD
• USB Flash Disk
• Smart Card
• Kartu memori
Bentuk Penyimpanan Sekunder :
 RAM (Random Access Memory), jenis penyimpanan primer yang mudah hilang (volatile) karena data akan hilang jika listrik padam.
 ROM (Read Only Memory), jenis penyimpanan sekunder yang bersifat non-volatile karena data disimpan secara permanent dan jika listrik padam data tidak akan hilang.
 Cache Memory, merupakan RAM khusus yang bekerja sangat cepat dan digunakan untuk membantu RAM biasa dalam proses data.

 Peralatan Output
Dibagi menjadi dua, yaitu :
1. Softcopy, terdiri dari dua jenis :
• Monitor : CRT dan Layar Datar (LCD, EL, Plasma)
• Audio
2. Hardcopy, terdiri dari :
• Printer : Impact, Thermal, Inkjet, Laser, Multifungsi
• Plotter : Pena, Electrostatis, Thermal, Pemotong, Format Lebar
• Computer Output Microfilm (COM)
 Software (Perangkat Lunak)
Software dibagi menjadi dua, yaitu :
1. Perangkat Lunak Sistem
Perangkat lunak yang melaksanakan tuga-tugas dasar tertentu yang diperlukan semua pemakai computer.
Ada tiga jenis dasar perangkat lunak sistem :
 Sistem Operasi, berfungsi sebagai interface antara pemakai, perangkat lunak yang memproses data perusahaan dan perangkat keras. Contoh : Windows XP, DOS, UNIX
Ada 6 fungsi dasar sistem operasi :
1. Menjadwalkan Tugas
2. Mengelola sumber daya perangkat keras dan perangkat lunak
3. Menjaga keamanan system
4. Memungkinkan pembagian sumber daya untuk beberapa pemakai
5. Menangani Interrupt
6. Menyiapkan catatan pemakaian

 Program Utility, suatu routine yang memungkinkan pemakai untuk melaksanakan operasi pemrosesan data dasar tertentu yang tidak unik pada satu aplikasi pemakai tertentu.

 Penerjemah Bahasa Komputer
- Bahasa Generasi Pertama, Bahasa Mesin (machine language)
- Bahasa Generasi Kedua, Assembler
- Bahasa Generasi Ketiga, Compiler dan Interpreter
- Bahasa Generasi Keempat, Bahasa Alamiah 4GL, memungkinkan programmer atau pemakai menginstruksikan computer apa dan bagaimana operasi tersebut dilakukan.
Di Bawah ini yang termasuk kedalam generasi bahasa keempat :
1. Database Query Language.
2. Modelling Language, khusus dirancang untuk pembuatan model matematika.
Contoh : GPSS
3. Very High Level Language : PASCAL, APL.
4. Graph Generators : paket grafik.
5. Report Writer : COBOL, RPG.
6. Aplication Generators : program aplikasi pembayaran gaji.

2. Perangkat Lunak Aplikasi

1. Pemrograman Sendiri
Perusahaan menempatkan spesial informasi untuk melakukan tugas merancang sistem berbasis computer yang memenuhi kebutuhan unit perusahaan.
2. Paket Jadi
Ada empat kelompok besar :
o Paket Aplikasi Bisnis Umum
o Paket Aplikasi Khusus Industri
o Paket Aplikasi Peningkatan Produktivitas Organisasi
o Paket Peningkatan Produktivitas Perorangan

 Peranan Peralatan Input dan Output Serta Software Dalam Pemecahan Masalah
Keseluruhan komponen perangkat input, output dan software dapat berperan langsung maupun tidak langsung dalam pemecahan masalah. Semuanya saling behubungan dan mendukung kegiatan satu dengan yang lainnya. Perangkat input dan output berperan dalam proses penyelesaian masalah dalam hal perangkat keras, sedangkan perangkat lunak, baik sistem maupun aplikasi membantu para manajer untuk meningkatkan produktivitas organisasi dan perorangan, dengan menyederhanakan penciptaan dan transmisi data.

Nama : Amelia Suciani
NPM : 32109697
Kelas : 2db20

Tidak ada komentar:

Posting Komentar